Jumat, 12 Agustus 2016

Penyakit Lele


PENDAHULUAN
Pada cuaca yang tidak menentu ini banyak penyakit lele yang bermunculan, salah satu yang sering menyerang lele adalah jamur jenis Saprolegnia sp yang berbentuk seperti lapisan selaput jamur.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiKpnPghdlTFmJ5_78_SOC4nZ_gYcCM63cwk4Gr858kfCN-hTBNRh1tvSmvNuSObElnkqHgOTs4013LfPerU3ozoQSg0a4-U-hpVK1no2pSQAlcjGQ3YKWwlN_Q7kii3IGDwEK_Hhnn4nVi/s1600/images+%25282%2529.jpg
Jamur Saprolegnia Sp pada Ikan Lele

Jamur  Saprolegnia sp adalah jamur air tawar yang hidup di lingkungan air tawar dan memerlukan air untuk tumbuh dan bereproduksi. Jamur jenis
Saprolegnia sp ini juga diistilahkan sebagai jamur “air dingin”, karena jenis jamur ini berkembang sangat baik di suhu yang dingin dan lembab.
Ikan lele merupakan ikan yang tidak bersisik, oleh karenanya ikan yang terjangkit penyakit jamur akan terluhat sangat jelas jika diletakkan di air yang jernih. Bagian yang sering di serang oleh jamur jenis ini adalah bagian ekor, ingsang dan sirip. Lele yang terinfeksi mempunyai ciri penutup seperti kapas berbenang halus yang menyelimutinya.
http://2.bp.blogspot.com/-xuTpoDYrPPs/UE5ukLn5l4I/AAAAAAAAAR0/oPO5yNX15TQ/w1200-h630-p-nu/lele-sakit-jamur.jpg
Kematian ikan lele akibat terinfeksi Jamur Saprolegnia sp

Ciri-ciri Penyakit akibat Saprolegnia Sp pada Ikan Lele
Pada ikan lele, ciri-ciri yang muncul apabila terinfeksi Jamur Saprolegnia Sp adalah sebagai berikut :
1.    Terlihat sering mengambang dipermukaan kolam karena kehilangan keseimbangan.
2.    Gerakan lebih lambat dibanding dengan lele yang masih sehat.
3.    Terlihat ada benang-benang halus seperti kapas yang menempel pada ekor, sirip, ingsang bahkan di kepalanya.

PENYEBAB
Penyebab muncul penyakit ini adalah kondisi lingkungan yang buruk, malnutrisi, atau akibat agen penginfeksi primer lain seperti parasit, bakteri dan virus.
Faktor yang memicu terjadinya infeksi jamur adalah
a.    Penanganan yang kurang baik
b.    Oksigen terlarut rendah
c.    Kekurangan gizi
d.    Bahan organic tinggi
e.    Kepadatan lele yang tinggi
f.     Kualitas air buruk

PENCEGAHAN
Menjaga kondisi air kolam dalam keadaan baik. Kolam yang bersih akan terhindar dari serangan penyakit jamur dam penyakit lainnya. Pemberian garam krosok dikolam juga salah satu cara pencegahannya.

PENGOBATAN
1.    Menggunakan kalium permanganat (PK)
Kalium permanganat (PK) mampu membunuh berbagai parasit dengan merusak dinding-dinding sel mereka melalui proses oksidasi. Kalium permanganat (PK) merupakan oksidator kuat yang sering digunakan untuk mengobati penyakit lele akibat ektoparasit dan infeksi bakteri atau jamur.

Cara pengunaannya:
larutkan PK kedalam satu ember air kurang lebih 10 liter dan campurkan sedikit serbuk PK, aduk sempai merata. Setelah itu rendam ikan lele yang terkena jamur
tersebut selama kurang lebih 30 menit. Jika yang terinfeksi jamur lebih dari 50 ikan yang ada dikolam maka bisa dilakukan dengan menebarkan larutan PK tersebut kedalam kolam.
https://wanibesak.files.wordpress.com/2012/01/clip_image002_thumb.jpg?w=319&h=238http://3.bp.blogspot.com/-oALbSCHPEt0/T3VTMgyz6VI/AAAAAAAAANc/GuSMxv0tf-4/s1600/PK.jpg

2.    Menggunakan bahan berupa garam dapur.
Pada dasarnya ikan memiliki konsentrasi garam sebesar 1% dalam tubuhnya, sedangkan air tawar biasanya memiliki konsentrasi garam sebesar 0,1%. Pada saat ikan berada didalam air akan terjadi gradien tekanan osmotik antara ikan dengan air sebagai lingkungannya. Melalui proses difusi ikan mengeluarkan garam dan masuknya air tawar. Dalam mempertahankan fungsi seluler yang tepat, ikan secara terus menerus harus mengganti kandungan garam yang hilang dan mengeluarkan kembali air tawar yang berlebih pada tubuhnya. Ini disebut proses Osmoregulasi, proses ini membutuhkan energi bagi ikan. Pada ikan yang sakit energi yang dikeluarkan ini akan mengakibatkan penurunan stamina ikan sehingga efeknya lebih rentan terhadap serangan parasit dan jamur yang merugikan.
Cara penggunaannya:
Larutkan 3 sendok garam pada 10 liter air bila perlu ditambahkan sedikit cuka, kemudian rendam ikan lele yang terkena penyakit jamur tersebut selama kurang lebih 15 menit, angkat kembali ikan dan pisahkan dari ikan yang lainnya. Hal ini bertujuan agar ikan yang terkena penyakit jamur tidak menyebar.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhbSbhf22NNJmuR0iI7ceBzShuA83OTNipnkA_oSL6eU5ZVLx0VPtofUIWqI6Kew8Q_C8LaV305hz9wGlmToH_4I6PpfzDptULd6rwkwH8uqsEfu9C5q6CbbghSb4qvhEzWHS3VKbx3S1Y/s1600/garam+krosok.jpg

Jika ikan lele yang terjangkit penyakit jamur banyak, maka bisa menebarkan garam kekolam dengan kadar 3 sendok per meter persegi, atau lebih baik mengganti air dan memisahkan ikan yang sakit ketempat yang lain supaya penyakit jamur tidak berkembang berkesinambungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar